Minggu ini, para siswa SMA/SMK sedang menjalani ujian akhirnya. Tepatnya itu ujian sekolah atau apa,Saya tak tahu. Yang saya tahu hanya mereka sedang ujian. 

Mengenai ujian ini yang banyak rangkaian. Hingga nanti ada yang dinamakan ujian nasional. Ujian yang soalnya (katanya) sama seluruh indonesia. Dijaga kerahasiaan. Ujian ini sebagai bentuk standarisasi bahwa siswa di sekolah manapun, mau itu kota, pedalaman, desa akan diukur kemampuannya menggunakan satu alat yang sama. Soal ujian nasional. Kemudian dikatakan hasilnya berarti mereka bisa untuk dibandingkan atau disetarakan dari segi kemampuan.

Saya juga salah satu produk alat tes itu. Soal ujian nasional. Bagaimana saya sekarang. Entahlah. Nama saya masih sama sejak saya pertama kali berkenal dengan soal itu. Hanya status yang sekarang sudah berubah. Oh...itu karena memang hidup harus terus dilanjutkan. Lulus SD? Ada SMP. Lulus SMP? Ada SMA. Lulus SMA? Ada Strata? dan seterusnya. Jenjang pendidikan yang (katanya lagi) menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan Indonesia. Cara untuk memajukan Indonesia. 

Tapi saya tidak sepenuhnya setuju dengan pendapat itu. Jika pendidikan adalah salah satu cara untuk memajukan Indonesia. Saya sepakat. Tapi dengan menitipkan proses pendidikan yang diharapkan mencetak generasi yang memajukan bangsa pada sekolah-sekolah yang jenjangnya saja sepanjang tadi. Kita belum bicara mengenai sistem sekolah, kurikulum, hingga biaya. 

Di sekolah itu yang ada adalah generalisasi. Maksudku, tidak ada "individual diference" disana. Orang yang belum paham karena memang dia membutuhkan waktu yang lama untuk memproses informasi akan dilabel "bodoh". Kemudian orang yang dengan cepat menangkap akan dilabel "pintar". Standar label bodoh dan pintar ini berdasarkan keadaan sekitarnya tanpa memperhatikan kondisi anak yang bersangkutan. 

Tulisan kali ini hanya berasa keluhan dari seorang yang benar-benar ingin ada perubahan dari cara pendidikan itu dilakukan. 

Selanjutnya akan saya coba menuliskan beberapa gagasan mengenai cara pendidikan itu harusnya berjalan untuk mencapai generasi yang berkontribusi dalam membangun indonesia.  


sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTkgZYlvh97vZiEfJUBfI3piluzH-qo6a1qAgC5Z5FPFKjMkjUq